Giggs Dukung Pesepakbola Ikuti Usia Bermainnya


Giggs tetap tampil prima di usia 39 tahun. © AFP

Winger veteran Manchester United, Ryan Giggs menilai bahwa semua pesepakbola memiliki kemampuan, untuk mengikuti jejak kariernya hingga usia mencapai 40 tahun.

Giggs, yang kini berada pada usia 39 tahun telah melakoni laga ke-1,000 dalam karier profesionalnya. Lebih dari itu, perpanjangan kontrak setahun yang diberikan klub, juga bakal menjadikannya anggota 40-club musim depan.

Pencapaian tersebut terbilang luar biasa, bagi pemain dengan posisi yang mengharuskannya bergerak aktif di lapangan. Selain 10 kiper, hanya ada nama Gordon Strachan dan Teddy Sheringham yang tercatat dalam 40-club.

Prestasi Giggs tersebut menuai banyak pujian. Stamina prima dinilai sebagai hasil dari kegigihan pemain asal Wales itu, atas panjangnya durasi bermain Giggs hingga saat ini.

"Ada dua cara dalam menyikapi hal ini. Saat ini pemain memiliki banyak uang. Mungkinkah mereka masih memiliki hasrat bermain, ketika usianya sudah di atas 30 tahun?" ujar Giggs.

"Di sisi lain, dengan adanya pengetahuan olahraga, para pemain kini lebih bisa menjaga kondisi mereka, dan fasilitas juga semakin bagus. Jadi jika mereka mau dan memiliki niat, mereka bisa bertahan lebih lama dari biasanya."

"Ketika usia anda memasuki 30 tahun, maka anda hanya akan berupaya bermain sebisa mungkin dan melakoni pertandingan sebanyak-banyaknya."

Selain itu, Giggs juga mengaku beruntung, karena dirinya memang dibentuk agar tetap bugar dan jauh dari cedera. Peran manajer juga disebutnya merupakan hal penting, dalam upayanya mencapai laga ke-1,000. (espn/atg)
 
Sumber : bola.net

0 komentar:

Posting Komentar