Gubernur Guam Tak Takut dengan Serangan Korut

HAGATNA - Gubernur Guam Eddie Baza Calvo mengatakan, warga di Guam sama sekali tidak kaget dengan adanya ancaman serangan dari Korea Utara (Korut). Menurutnya, Guam yang merupakan wilayah Amerika Serikat (AS) itu telah dijaga dengan baik.

Calvo telah berbicara dengan pejabat militer AS Laksamana Muda Tilghman Payne selaku komandan pasukan AS. Menurut Calvo, serangan Korut ke basis militer AS di Guam tidak akan terjadi dengan begitu mudah.

Pemerintah di Guam dan Pentagon juga menjalin komunikasi yang baik. Namun Calvo mengaku, dirinya tidak bisa menjelaskan detil-detil rencana atau informasi intelijen yang didapatnya lewat pembicaraan dengan Pentagon.

Calvo hanya menegaskan bahwa Negeri Paman Sam sudah siap untuk mempertahankan wilayah-wilayahnya, termasuk Guam. Begitu pula dengan negara-negara mitra AS. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Kamis (28/3/2013).

Seperti diketahui, ancaman serangan terhadap basis militer AS di Guam telah disuarakan oleh negeri komunis Korea itu kemarin. Secara geografis, pangkalan militer AS di Guam merupakan pangkalan militer AS yang paling degkat dengan Korut.

Senator AS di Guam Brant McCreadie cukup khawatir dengan ancaman Korut. McCreadie berharap, serangan itu tidak akan terjadi dan warga pun bisa mengambil tindakan yang cermat untuk mewaspadai hal itu.

McCreadie mendesak pemerintah di Guam membentuk dewan penasihat untuk memberikan informasi-informasi terkait sensus penduduk di pulau itu. Warga setempat juga diminta tetap bersembunyi di tempat tinggalnya apabila Korut benar-benar meluncurkan serangan nuklir.
 
Sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar